Live CD Open Suse 11 Running Well di Axiooku

Well done baby. Akhirnya kutemukan juga titik terang. Dua hari berturut -turut aku donlot opensuse11 live  CD dan akhirnya dibakar dan diboot dan sukses. Bisa juga ternyata linux opensuse 11 live cd ini digunakan dengan chipset VGA VIA chrome9 HC IGP Family ini. Mantaplah.

Sekarang sedang menunggu opensuse11 donlotan. Mudah-mudahan bisa digunakan.  Saranku buat pengguna Axioo TVR 8122, cobalah gunakan open suse 11. Mudah-mudahan lancar. Good luck!!

Google docs

Menyambung tulisan sebelumnya mengenai aplikasi berbasis web. Saat kita kesulitan dengan lisensi dari Microsoft mengenai penggunaan Microsoft Office seperti MS. Word, Excel, Powerpoint dan sebagainya. Maka solusi cukup menarik selain open office (free, juga gratis) adalah menggunakan Google docs. Google docs merupakan aplikasi office berbasis web. Google docs itu layaknya MS word atau open office.org. Bedanya, Google docs dibuat dan digunakan dengan browser (web based applications). Untuk mengaksesnya nampaknya anda perlu memiliki account di google (misalnya gmail). Anda bisa mengaksesnya di  http://docs.google.com/ dan login menggunakan account google. Berikut interface Google docs :

Menggunakan Google docs, layaknya kita menggunaka produk Microsoft yaitu MS. Office atau open office. Dengan aplikasi berbasis web ini, file yang kita simpan bisa juga kita download ke dalam media penyimpanan kita seperti hard disk dan disimpan ke dalam komputer kita. Format hasil download bisa berupa .doc, .pdf, .xls, .ppt, .odt 9open office), zip, dan html. Jadi kita tak perlu punya konverter word to pdf semaca Adobe Acrobat Professional atau konverter lainnya jika kita menginginkan file yang kita simpan itu dalam format pdf.

Kita tinggal memilih menu File->Download File as…(html, openoffiec, pdf, word, dsb). Berikut tampilan Google docs Spreadsheet.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!!!

Aplikasi Berbasis Web

Anda mungkin pernah menggunakan meebo.com, ebuddy.com atau aplikasi lainnya yang biasa digunakan untuk chatting dengan cara memasukan account dan password yang sudah kita buat di yahoo, gmail, aol dll. Maka lanjutlah kita dengan chatting. Nah, aplikasi ini biasa disebut aplikasi berbasis web. Anda bisa bayangkan, kalo di kantor kita tak punya aplikasi Yahoomessanger dan kita pengen chatting ama teman kita di kantor lain.Namun karena ada policy dari kantor kita untuk tidak menggunakannya. Kecuali anda mau diberi peringatan oleh staf IT dengan cara ditelpon “maaf, ya bu, mohon tidak chatting di jam kantor!!”.Atau sekadar warning melalui email atau malah diblok aplikasi tersebut. Nah, meebo, ebuddy mungkin bisa jadi salah satu solusi.
Ok, bagaimana jika aplikasi desktop seperti Microsoft Word, Excel, powerpoint, adobe photoshop, coreldraw, dsb itu dibuat berbasis web? ini sebuah kemajuan yang luar biasa. Dan google, juga microsoft sudah sedang memulai dan mengembangkannya. Kabarnya microsoft pun sedang mengembangkannya.
Suatu hari nanti, kita akan mengetik, aau berhitung itu tinggal buka browser dan memilih aplikasi Ms Word atau corel draw dan kita bekerja layaknya memakai microsoft word, open office atau coreldraw di komputer desktop kita.
Namun, masalah akan muncul jika bandwidth Internet kita terbatas, maka mungkin akan sangat teramat lambat. Artinya akan butuh banyak lagi bandwidth. Butuh deh infrastruktur IT yang bagus, butuh koneksi yang cepat. Mudah-mudahan proyek pembangunan backbone di Timur di Indonesia berbasis optik(juga di tempat lain) akan segera dimulai dan cepat selesai. sehingga kita akan menikmati koneksi Internet yang cepat, murah dan terjangkau seiring perkembangan teknologi. Mudah-mudahan, saudara-saudara kita di Timur, Barat, Selatan, Utara dan Tengah akan menikmati teknologi ini dimanapun dengan biaya murah dan kualitas yang bagus. Amin

Install Linux di Axioo Ber-VGA VIA, GAGAL

Gila bener, berjam-jam aku install dan utak atik plus nyari referensi bagaimana caranya install Linux di Laptop Axioo. Sudah dua malam ini aku coba instal Linux. Malam pertama aku coba install Ubuntu 8.04 dan malam berikutnya aku instal Fedora 8.

Pada saat instal Ubuntu, parah banget. Baru aja load konfigurasi Hardware  tiba-tiba layar berubah jadi bergaris-garis putih keperak-perakan dan akhirnya hang.  Semua tuts tak bisa digunakan, kecuali mode terakhir dengan menekan tombol power. Wah, nampak VGA berat banget saat load Linux.

Malam kedua, ku coba instal Fedora 8. Hasilnya cukup ada progres. Continue reading “Install Linux di Axioo Ber-VGA VIA, GAGAL”