Mencari Bilangan Ganjil dengan ASP.Net Pake C#

Sebuah prolog C#, Bahasa Pemrograman
Nah, ini dia. Dari dulu sebenernya memang saya pengen berbagi ilmu dengan siapa pun, namun sayang hati dan jiwa ini masih merasa banyak  kekurangan. Akhirnya jadi minder, apa saya udah layak berbagi itu? itulah sebenernya . Soalnya  ilmu ku masih belum ada apa-apanya . Namun,  saat ini ku coba  sedikit demi sedikit rasa PD itu. Ya  memang saya blom layak mempublikasikan ilmu bagi khalayak, tapi semogasaya bisa.
Anda pastinya tahu kalo di dunia ini banyak sekali bahasa, dengan berbagai varian dan turunannya. Ada bahasa Latin, Inggris, Spanyol, Arab, Jerman, Cina, Sunda dsb. Coba anda perhatikan Bahasa Cina (mandarin), Jepang, dan Korea, ketiganya memiliki sedikit kesamaan. Ada huruf-hurufnya yang kalo saya lihat itu sangat membuat ‘peureum benuta’ (merem melek), capek pokonya bacanya juga. Ada juga bahasa Ingris dan dataran Eropa timur lainnya yang agak mirip strukturnya. Ada juga bahasa Rusia dan deretan skandinafia, yang punya kemiripan kali ya..
Nah, Itu semua bahasa yang sering kita dengar dan kita lihat di televisi di film-fil. Ada satu lagi bahasa yang hanya dikenali di dunia komputer, namanya bahasa pemrograman. Tentunya seperti di bahasa yang disebut di atas maka bahasa yang ada di komputer juga banyak. Ada bahasa C, C++, C#, Delphi, Java, Pascal, dsb. Itu biasa dikenal dengan bahasa coding. Ada lagi bahasa pemrograman yang dikenal dengan bahasa script. Nah, seperti HTML, PHP, Java Script, dsb itu yang biasa dipakai buat scripting language. Jadi, ada dua bahasa (biar memudahkan) yaitu bahasa coding dan bahasa script. Buat apa keduanya itu? entar deh disambung lagi di artikel lainnya. Sekarang saya fokus di C#.

C# itu bahasa yang konon katanya dikembangkan dari bahasa induknya yaitu C, dengan banyak tambahan dan pengembangan di sana sini. Makanya C# disebut bahasa turunan karena banyak syntact dan model-model penulisannya. C# dikenal dengan Microsoft Visual Studio (express dan professional) mulai versi 2003, 2005 dan 2008. Tentunya karena ada embel-embel Microsoft maka ini produk berbayar, ga gretongan. Kita mesti beli, ya tapi kalo yang mo gratisan ya ambil yang versi express edition. Kalo yang mau gratis sama sekali ya ambil yang di bawah Linux.
Saya mesti memulai dari mana ya?
OK deh, karena di kuliah dulu dosenku ngajarin ertama kali pemrograman dengan istilah “algoritma” maka mesti saya kasih sedikit mengenai algoritma. apa itu algoritma? simpelnya adalah logika berpikir mengenai sesuatu. Misalnya, kita mo bikin rumah maka apa yang mesti kita lakukan dan sediakan. Tentunya kita mesti sediakan pasir, bata, semen, kayu, kaca, ubin dsb. Terus cara bikinnya gimana? ya bikin desain dulu kan? abis itu bikin fondasi, pasang bata dan seterusnya sampai terakhir pengecatan dan pemberian aksesoris rumah. Kurang lebih seperti itu.

Ok, di bawah ini ada tutorial mengenai C#.
singkatnya, saya mo bikin suatu aplikasi yang apabila kita menekan suatu tombol maka aplikasi itu menampilkan suatu pesan pendek (kaya sms gitu  ).
ini dia syntaknya:

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Drawing.Drawing2D;
using System.IO;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace PolyBtnDemo
{
public partial class Form1 : Form
{
public Form1()
{
InitializeComponent();
}

private void btnCancel_Click(object sender, EventArgs e) //tombol buat keluar
{
Application.Exit();
}
private void button1_Click(object sender, EventArgs e)  //tombol untuk menampilkan pesan
{

MessageBox.Show(“Hello, my name is komay”,”kenalkan”,MessageBoxButtons.OK,MessageBoxIcon.Information);

}

}
}

Tapi gimana cara ngopy-in grafisnya di sini ya? biar keliahatan hasil aplikasi yang dibuat.?Yasudahlah, pokonya begitu. Susah juga ya jelasinnya..ntar kalo ada yang mampir tolong dikasih masukannya. Thanks