Menghitung usia Anda

Ketika malam-malam tiba, mulai dengan meminum segelas kopi susu sesekali menghirup asap A Mild, tak ada angin tak ada hujan yang ada hanya raungan winamp yang mulai serak sebab sudah dari senja ku suruh bernyanyi. Saya coba buka-buka Csharp terus ketak ketik ga puguh. Akhirnya menekan tombol timePicker yang ada di Toolbox Csharp. Kebetulan pake Csharp 2005 profesional.

Intinya adalah pengurangan penanggalan sekarang dan kelahiran. Misalnya saat ini adalah 24 April 2009, dan Anda dilahirkan di 23 Maret 1989 maka tinggal dikurangi saja tahun, bulan dan tanggalnya. Maka jadilah usia Anda diketahui 20 tahun kurang satu bulan.

Ini dia hasil kodingnya (meski banyak yang aneh, emang blom bisa, tapi karena bingung mesti diatur apalagi biar bener 100%)

namespace CekUsiaAnda
{
public partial class Form1 : Form
{
public Form1()
{
InitializeComponent();
}

private void btnCekUsia_Click(object sender, EventArgs e)
{
double x,y,z;

x = Convert.ToDouble(dateBirth.Value.Year);
y = Convert.ToDouble(dateToday.Value.Year);
z = (y – x);
lblUsia.Text = “Usia Anda : ” + Convert.ToInt32(z) + ” Tahun, ” + Math.Abs(12 – Convert.ToInt32(Math.Abs((dateToday.Value.Month – dateBirth.Value.Month)))) + ” Bulan, ” +Convert.ToInt32(Math.Abs(dateToday.Value.Day -dateBirth.Value.Day)) + ” Hari, “;
//absolut (selisih bulan) dikurangi 12 terus diabsolutkan

}

private void btnExit_Click(object sender, EventArgs e)
{
Application.Exit();
}
}
}

OK, yang di atas ini isi kodingnya di Csharp. Kita bisa ubah juga pake VB atau C++ atau Java. Pertama2 bikin empat buah label. Kita namakan saja; lblLahir,  lblSekarang, dan lblUsia. kedua, buat dua buah DateTimePicker terus kita namakan dateBirth, dan dateToday. Ketiga, buat dua buah Button yaitu btnCekUsia dan btnExit. Ingat, namanya terserah kita enaknya gmn. ga bakalan ada yg protes kok. Maka tampilannya akan seperti berikut:
cekusia

Cuma memang banyak salahnya. Semoga ada yang mau baca dan memberikan kritik dan perbaikan buat tulisan di atas maupun kodingnya. Ada yang mau membetulkannya??Maklum saya lagi belajar. Met belajar kawan!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s