Install Cisco ACS

Kemarin pasang ACS 1121 di customer. Ini pertama kalinya pasang ACS dan melihat beberapa command yang ternyata sedikit berbeda dengan Cisco IOS pada umumnya. Misalnya ketika “show ip interface brief” di-enter itu ternyata ada kesalahan command. Namun yang bener menurut ACS adalag “show ip interface inventory”. Pokoknya ada banyak perbedaan.

Menurut ACS 1121 reference atau user guide, disebutkan kalau settingan hyperterminal di bagian bit rate-nya perlu diset 115200 namun pada saat saya coba ternyata tidak muncul. Ketika bit rate-nya diubah ke default (9600) barulah muncul. Kebetulan saya menggunakan SecureCRT sebagai terminalnya.

Dengan 1U, mirip dengan IBM x3250 series. Punya 2 HDD, memory dan processor. Namun sepertinya processornya cukup banyak. Ada inputan keyboard/mouse 2 buah USB, juga inputan VGA.

OS di dalamnya menggunakan ‘Linux” yang sudah dimodifikasi oleh Cisco, sepertinya begitu, sebab saat boot up terlihat ada menu boot loader untuk memilih OS mana yang akan di-boot.  Mirip saat kita menjalankan Linux Centos atau lainnya.

Command Cisco IOS juga bisa langsung diinputkan tanpa menggunakan SecureCRT atau sejenisnya namun hanya dengan mengoneksikan keyboard ke port USB dan monitor ke VGA port. Mirip Linux, atau semacamnya.
ACS-01/admin# ?
Exec commands:
acs          ACS control commands
acs-config   ACS config mode
application  Application Install and Administration
backup       Backup system
backup-logs  Backup system and application logs
clock        Set the system clock
configure    Enter configuration mode
copy         Copy commands
debug        Debugging functions (see also ‘undebug’)
delete       Delete a file
dir          List files on local filesystem
exit         Exit from the EXEC
forceout     Force Logout all the sessions of a specific system user
halt         Shutdown the system

…. capture di atas saya coba perlihatkan.

Lalu agar ACS web based-nya bisa kita buka maka aktifkan IP di salah satu interface misalnya 192.168.1.1/24 lalu kita bisa browse http://192.168.1.1/

Sayangnya saat kita masukin password privilledge admin seperti biasa saat kita masuk ke console atau global config atau ambil user-user yang ada di database ACS, ternyata user itu tidak dikenali oleh ACS web based. Dan ternyata menurut panduan Cisco, username dan password untuk ACS bawaan cisco adalah:

username : acsadmin

password: default

Inilah pasword dan username untuk ACS web-based by default. Bener-benar pengalaman yang luar biasa. Maklum baru pertama kalinya saya install ACS 😦

ACS pun bisa diintegrasikan dengan Active Directory atau directory eksternal lainnya yang berasal dari database external dan tentu saja bisa juga diambil dari database internal ACS server sendiri.

Untuk lebih jelas, anda bisa cek ke site yang lebih lengkan berikut

Satu hal yang membuat saya bener-bener kesel adalah saat mounting ke rak yang ternyata menggunakan rel, mirip relnya KVM-nya server. Bersusah-susah memasangnya sampe berjam-jam lamanya. Relnya susah dipasang, mungkin karena kebegoan saya saja 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s