Xmodem – Stackwise Cisco Error

Ini mungkin pengalaman yang buruk saat melakukan bundling dua unit Cisco Switch TANPA mengecek dulu versi IOS di kedua switch yang akan dibundling/di-stack. #How was I stupid.

Awalnya gara-gara salah satu perangkat ini tiba-tiba mati dan PSU LED indicatornya memeberi warna merah. Sudah dicoba keluar masukin PSU yang lainnya eh ternyata masih mati itu switch, padahal si PSUnya ga kenapa-napa. Ternyata yang rusak si chasisnya. Segera saja kontak tim RMA supaya email ke si Cisco agar mengirim new switch.

Singkat cerita switch ini langsung dipasang kabel stacknya tanpa cek dulu versi IOSnya karena menganggap seri C3750x nya udah sama ya berpositif thinking sama Cisco kalo perangkat yang datang ini sudah berisi IOS yang sama dengan eksisting. Eh ternyata setelah power On dan tiba-tiba muncul error yang bilang kalo si switch ini ‘kesulitan’ mencari master dari stack-nya. Beuh, langsung saja panik dan cek #show version

Bah, macam apa pula awak ini!!. langsung matiin dan cabut cable stacknya. Karena IOSnya beda (di log terlihat S3 dan S2). Ternyata oh ternyata, switch yang baru dipasang tidak bisa meload IOS yang semula S2. Wakakkaka… langsung saja panik. Kenapa ini. Hmm, dan ternyata lagi nih, si IOS menghilang dan saya ga bisa masuk ke prompt manapun, yang ada hanya tampilan berikut:

…….

mifs[6]: Total bytes     :   57671680
mifs[6]: Bytes used      :    1100800
mifs[6]: Bytes available :   56570880
mifs[6]: mifs fsck took 45 seconds.
…done Initializing Flash.

done.
Loading “flash:/c3750e-universalk9-mz.122-53.SE2/c3750e-universalk9-mz.122-53.SE2.bin”…flash:/c3750e-universalk9-mz.122-53.SE2/c3750e-universalk9-mz.122-53.SE2.bin: no such file or directory
Error loading “flash:/c3750e-universalk9-mz.122-53.SE2/c3750e-universalk9-mz.122-53.SE2.bin”

Interrupt within 5 seconds to abort boot process.
Boot process failed…

The system is unable to boot automatically.  The BOOT
environment variable needs to be set to a bootable
image.

switch:

switch:

switch: set ?

switch: dir flash:
Directory of flash:/

2  -rwx  1939      <date>               private-config.text
3  -rwx  3062      <date>               config.text
4  -rwx  3096      <date>               multiple-fs
5  drwx  512       <date>               update

56570880 bytes available (1100800 bytes used)

switch: dir flash:
Directory of flash:/

2  -rwx  1939      <date>               private-config.text
3  -rwx  3062      <date>               config.text
4  -rwx  3096      <date>               multiple-fs
5  drwx  512       <date>               update

56570880 bytes available (1100800 bytes used)

Ternyata mesti masuk ke XMODEM. Wakakakkakak….:) mau ga mau mesti nyiapin IOS yang sama dengan switch masternya lalu copy ke switch yang bermasalah via xmodem dengan waktu copy yang saaaaaaaaaaaaaaangaat laaaaaaaaama, hampir lima jam.

So, be careful dan pastikan IOS di kedua switch harus sama agar tidak terjadi masalah seperti di atas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s