Elegi di pagi hari

Iblis pun tersenyum ketika Adam berhasil diperdayainya agar mendekati dan memakan buah khuldi terlarang. Padahal Tuhan pun telah melarang keras mendekati pohon tersebut. Apalagi memetik dan memakan buahnya. Apakah karena cinta kepada Hawa? hmmm,… Cinta kadang membutakan siapapun.

Iblis dan masyarakat pun tertawa ketika Habil dan Qabil berebut seorang perempuan yang saling dicintainya bahkan syetan tertawa puas ketika salah satu dari keduanya terbunuh karena hasutan iblis.

atau ketika Majnun tergila-gila kepada Laila, hingga ia benar-benar seperti orang gila yang melafalkan bait-bait eleginya di setiap saat, dan dimana-mana. Mengharap cinta dan kasih dari sang Laila. Kasih tak sampai.

Atau ketika para pujangga melafalkan puisi-puisi melow dan penuh cinta. Membuat hati siapapun menjadi makin meratap dan tak kuasa mendengarnya seakan-akan bait-bait itu merepresentasikan realitas kehidupan. Bahkan, hati pun menjadi berwarna pink.

Mendengar dan menyimak bait-bait puisi Abah Iwan, seperti “melati dari Jayagiri” atau syair-syair lainnya pun membuat kita makin terbawa elegi.

Lalu, berdosakah kita berharap padanya agar menjadi pendamping hidup yang setia hingga akhir hayat?hingga dunia dan akhirat.

dan, apakah iblis tersenyum ketika kita meratapi sang kekasih hati yang tak sampai?

tentu jangan biarkan mereka tertawa dan tersenyum. cukup mereka tertawa saat melihat Majnun menangis dan meratapi Laila. No more!

Naudzubillah tsumma naudzubillah. Tentu kita tak ingin diperdaya syetan dan nafsu.

Sebab, kita makhluk bertuhan.Tuhan mempunyai syariat dan tuntunan. “Jika tak mau mengikuti tuntunan dan syariat Alloh, maka silakan cari Tuhan selain Alloh swt dan keluarlah kalian dari kolong langitku!”, begitu ancaman Alloh. Tentu, kita tak bisa hidup tanpa kuasa dan kehendak Alloh. Apalagi disuruh keluar dari kolong langit ini? kolong langit mana lagi yang bisa kita tempati?

–elegi di pagi hari, sebuah kisah seorang manusia dari dunia antah berantah. disadur dari berbagai sumber —

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s