Belajar Bahasa Prancis

Sudah beberapa bulan ini belajar dan les bahasa Prancis di CCF, sayangnya kemampuan bahasa yang satu ini begitu lambat saya rasakan. Sedikit sekali progressnya. Padahal bahasa ini mirip-mirip dengan Bahasa Arab dari sisi struktur dan sistematikanya. Kadangkala jadi malas buat lanjutin ke level selanjutnya kalau susah hapalannya. Tapi mau apa dikata, saya perlu belajar bahasa ini.  Mungkin tahun depan perlu belajar Jerman juga.

Berbeda dengan belajar waktu masih kecil saat SD, perasaan belajar sesuatu yang baru itu cepet sekali masuk di kepala. Tapi sekarang, ternyata kecepatan otakku melambat. Padahal secara kognitif, saya punya kemampuan kognitif yang cukup bagus sejak kecil. Ya, rangking di kelas lumayanlah ga jelek-jelek amat. Dari SD sampai tingkat SLTA, rangking saya antara 1-3. Rangking 2 atau 3 cuma di beberapa semester saja. Selebihnya rangking 1. Ups, sedikit sombong neh saya 😛 tapi kadang faktor ga pede dan minder jadi hambatan dalam belajar juga hehee…

Ya, mungking faktor “U”. Ini ga bisa dielakkan kalau faktor yang satu ini menjadikan kecerdasan seseorang menjadi menurun. Nah, kalau ponakanku belajar bahasa ini cukup cepat. Waktu saya ajarin bilangan 1-10 dengan bahasa Prancis, eh ternyata dia cepet sekali hapal.

Me: Azki, mau belajar berhitung dalam bahasa Prancis ga? kemarin kan sudah bisa berhitung 1-100 pake bahasa arab, sekarang pake bahasa Prancis.

Azki: mau Mang!

Me: un [ang]=1, deux[de]=2 …. dix[dis]=10.

Azki: ang, deu, trowa,… trus apalagi mang?

Me: kat, seng, sis, set, hui, neuf, dis

Azki: ang, deu, trowa, kat, seng, sis, set, hui, neuf, dis.

Me: pinter kamu ya Azki!

Azki: 🙂

Nah berbeda dengan Om-nya yang sussssah sampe malu sama mademoiselle-nya saat diajarin berulang-ulang tapi ga bisa bisa. How poor I am!

So, kemanakah kecerdasan saya waktu dulu? apa menghilang begitu saja?

Leave a Reply

