Tentang Alif Bengkok

Sewaktu bersekolah di SD, sepulang mengaji sore hari, Almarhum Mang Haji sering bertanya begini:

“May, kumaha progress ngaji teh, ges nepi mana?

diajar naon wae di madrasah?

ges apal ‘alif bengkok’ acan?”

terjemahan:

“May, bagaimana progres belajar mengaji teh? sudah sampe mana?

belajar apa aja di sekolah itu?

sudah tahu alif bengkok belum?”

———-

Saya hanya bisa menjawab dengan ngahuleung dan gogodeg. Maklum memang saya ga mengerti apa yang dimaksud si mamang dengan istilah ‘alif bengkok’. Dan ternyata pertanyaan itu muncul setiap saya ketemu dengan si mamang, berulang-ulang.

Ah, saking seringnya ditanyai ‘alif bengkok’, saya pun akhirnya nyerah dan malu sendiri kalau pertanyaan itu belum bisa saya kuak jawabannya. Maka saya beranikan diri eskalasi ke si mimih (panggilan ibu/mamah di beberapa daerah sunda).

 “Miiiihhhhh, ari alif bengkok teh naon?”

Si mimih hanya tersenyum, dan bilang kalau kamu mau tau apa itu alif bengkok, maka kamu mesti ngaji yang bener, yang rajin. Belajar bahasa alquran. Entar kamu bakal tahu apa itu alif bengkok.

Jadi, alif bengkok itu apa kawan?  😛

Leave a Reply

