Rental Sertifikat – halalkah?

Akhir pekan biasanya saya habiskan di kosan, baca buku, ngeblog, lari pagi ke Senayan, atau jalan-jalan ke Museum atau sekadar berenang di kolam renang umum dan silaturahim dengan teman lama.

Ya, seperti malam ini. Ngeblog. Saya tulis beberapa pengalaman dan kejadian yang menurut pandangan saya perlu dituliskan.

Tadi siang, seorang teman menelpon:

teman:  Brader, gw lagi butuh bantuan nih. Ada tender di perusahaan A dan diperlukan beberapa prasyarat supaya bisa ikut tender. salah satunya sertifikat. Nah, kantor gw ikut tender tapi kekurangan beberapa sertifikat, salah satunya CC**, CI***.

me: So ?

teman: Ya. lo pasti ngertilah maksud gw. Bisa ga gw sewa sertifikat lo? atau kalo lo ga mau minjemin, temen loe mungkin bisa minjemin. Ada imbalannya Rp xxxx.

me: hmmm… bentar gw pikir-pikir dulu

teman: wah, jangan kelamaan mikirnya brader, gw butuh sertifikat itu buat disubmit hari ini juga. Yaudah, gw tunggu sore ini ya. Jangan lupa, copy sertifikay, cv dan copy ijazah loe juga. kirim ke email gw.

me: hmmm…, nanti gw kabari deh.

teman: Ok sip brader, tengkyu.

Ah, ini anak sering banget nanyain sertifikat gw. Padahal udah gw bilang kalau gw ga nyewain sertifikat. Ada ethic of engineer yang entah kenapa masih ragu kalau sertifikat itu disewa-sewain. Yang lebih penting dari itu adalah, halal apa ga kalo gw rentalin sertfikat buat tender di perusahaannya orang (temen)? duitnya halal apa ga?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s