Ujian DELF A1 [boongan]

Selesai sudah minggu ini les bahasa di IFI, dulu namanya CCF. Meski dengan berdebar-debar menunggu hasilnya minggu esok. Sebenarnya ga berharap banyak bisa lulus A1 dan naik ke A2x. Sebab semester ini cukup banyak hari bolosnya ketimbang masuk. Madmoissele pun sering kebingungan untuk menjelaskan suatu materi, karena materi sebelumnya saya lewati [bolos]. Jadilah beliau harus menjelaskan ulang :-).

Image

Ujian kenaikan ini sebenarnya dilakukan hari Senin lalu, namun bagi yang susulan bisa mengikuti jadwal berikutnya.

Masuk kelas telat 10 menit, dan ternyata beberapa teman sekelas ada juga yang belum ujian dengan berbagai alasan, seperti sibuk kerjaan, banyak tugas kuliah, dst. Soal pun dibagikan. Soal terdiri dari 3 bagian:

1. Wacana dan gramatika

2. Listening

3. Conversation

Masuk ke test bagian pertama, cukup meyakinkan. Meski beberapa vocabulary tidak familiar, namun secara umum bisa dilewati. Memasuki bagian 2, listening. Waduh, mati kutu deh. Apes, ini bagian yang paling sulit bagi gw. Entah kenapa untuk bagian listening ini gw selalu kesulitan. Entah telinga gw yang kurang peka atau memang gw buka tipikal orang yang bisa jadi pendengar yang baik hehehe… Dan  bagian listening ini adalah bagian yang selalu paling jelek dibanding bagian lain. Tak hanya di bahasa Prancis, di TOEFL beberapa bulan lalu juga mengalami kesulitan yang akut. Banyak sekali yang tidak terdengar dengan jelas. Dalam percakapan tersebut, Si A dan si B ini ngomongin apa ya? hehehe…

Nah, test bagian 3 – conversation -, kami dipanggil satu-persatu masuk ke dalam kelas. Dan tibalah giliran gw.  Ada dua Madam yang ‘menginterogasi’ gw. Si Madame 1, langsung menjelaskan kalau bagian 3 ini terdiri dari 3 instruksi.

Pertama, gw diminta menjelaskan diri gw dengan bahasa prancis, mulai dari nama, tinggal, hingga keluarga.

Kedua, si Madam meminta gw mengambil kertas undian yang berisi 5 kata, lalu dari disuruh menyampaikan kata-kata tersebut dalam kalimat tanya dan diajukan ke si Madam. Hmmm, beberapa kata ternyata sudah familiar, namun masih bingung mau nanyain apa.

Ketiga, disuruh memilih satu dari beberapa lembar kertas yang dilipat tertutup. Masing-masing kertas berisi topik yang berbeda. Setelah diacak, ambil satu lembar. Di sana terdapat petunjuk dan gambar-gambar yang menunjukan apa yang mesti dilakukan oleh gw. Kebetulan gw dapat topik “au camping”. Ah, kayaknya familiar, tapi bingung mesti ngomong apa dulu ya?

Karena gw terdiam dan masih mikir, tiba-tiba si Madam langsung menjelaskan dan lalu bertanya. Beberapa pertanyaan ga bisa gw tangkap apa maksudnya. Ya dijawab seadanya saja. Dan akhirnya keluar kelas juga deh hehehe….

Ah tentu lebih tegang sidang skripsi ketimbang ujian di atas. Ya, maklum gw seh nothing to loose. Gw dah pasrah, memang gw banyak yang ga mengerti materinya. Abisnya si Madam kurang bagus ngejelasin konsep dan materinya. Gw tanya ini itu, eh malah suruh ikutin aja materi dan latihannya. TEXTBOOOOOK banget!! ya, kok gw nyalahin si Madam ya? padahal yang salah kan gw, ga pernah belajar dan latihan hehehe…

Leave a Reply

