Liburan: Curug Sidomba

Menikmati suasana desa yang adem dan asri adalah suatu anugerah Tuhan yang sangat luar biasa. Pesawahan yang hijau dan sebagian area padi mulai terlihat menguning. Sebagian masih hijau besar area pesawahan masih hijau, namun sebagian sudah menguning. Bahkan ada yang sudah dipanen.

padi mulai menguning, menunggu panen
padi mulai menguning, menunggu panen

Sebagian petani mulai bersiap-siap mengasah sabitnya dan menyiapkan peralatan panen seperti ‘terpal’, ‘dudukuy’, karung, ‘panggebukan pare’, bahkan saung tempat berteduh atau menyimpan padi. Saya tak paham istilah-istilah tersebut dalam bahasa Indonesia, jadi pakai bahasa yang saya mengerti saja šŸ™‚

Tentu saya punya agenda lain. Jalan-jalan. Kenapa? karena sawah emak saya sudah tidak diolah lagi sama saya atau keluarga. Sawahnya diolah oleh petani lain. Kata almh emak saya, ‘jadi pedagang sajalah, jadi petani mah capek‘. Eh ternyata benar, kakak saya hampir semua jadi pedagang, adik saya pun begitu. Terlalu capek jadi petani, hasilnya ga sesuai dengan jerih payah.

Jalan-jalan keliling kampung, lewati beberapa kecamatan atau sekadar bersilaturahim dengan tetangga dan teman. Kali ini saya mengunjungi objek wisata Curug Sidomba dan Monumen Linggarjati di wilayah Kec. Cilimus, Kuningan.

Perjalanan dari desa saya tak perlu waktu berjam-jam, cukup 30 menit saja (ngebut.com). Standar perjalanan pake motor biasanya 45 menit dengan rata-rata kecepatan 60km/jam.

jalanan desa yang dilalui, hingga menuju curug
jalanan desa yang dilalui, hingga menuju curug

Curug Sidomba terletak di desa Peusing, Kec. Jalaksana Kab. Kuningan. Lokasinya di kaki bukit Gunung Ciremai. Kawasan yang sangat asri. Bertumbuh pepohonan rindah dan areal pertanian yang luas. Seger banget saat menghirup udara. Gunung berada di sebelah barat, tepat di atas Sidomba.

tugu masuk curug sidomba
tugu masuk curug sidomba

Selanjutnya, memasuki kawasan perkemahan Sidomba. Terlihat banyak siswi Husnul Khotimah, nama sebuah boarding school yang berada di desa Manis Kidul, Cilimus, Kuningan. Sewaktu kecil, selepas lulus SD, saya disuruh masuk sekolah ini sama paman saya, tapi sayang saya menolaknya šŸ™‚

bumi perkemahan sidomba
bumi perkemahan sidomba

Para siswi sedang kemah Jumat-Sabtu-Minggu, seperti umumnya siswa sekolah di kegiatan Pramuka.

perkemahan jumat-ahad
perkemahan jumat-ahad

Di bumi perkemahan (buper) ini terdapat masjid dan cafetaria, namun sayangnya belum terlihat ada tempat penginapan dan juga wahana wisata lainnya. Mungkin karena wisata utamanya adalah curug.

Tiba waktunya saya menelusuri curug. Menuruni tangga dan beberapa kolam ikan, terlihat banyak ikan emas dan kancra.

object camera, test my eos
object camera, test my eos

Sampailah saya di curug Sidomba. Hmm, lumayan mengobati rasa penasaran dan lelah. Sebenarnya dari sisi view, masih kalah sama Curug Malela, Bandung Barat atau Lembah Anai, Padang Panjang Sumatera Barat. Tapi, inilah kampungku, inilah curug kebanggaan orang Kuningan šŸ™‚

curug-sidomba-view
curug-sidomba-view

Terlihat beberapa pasang anak muda sedang mengabadikan moment indahnya. Pun begitu beberapa pasang keluarga yang berdatangan berduyun-duyun. Hmm, saya terpaksa menunggu dengan sabar agar bisa ngejepret dengan leluasa. Sayang kalau kamera baru saya tidak diberi kesempatan ‘bekerja’. Maklum baru belajar ngejepret šŸ™‚

Nah, liburan esok, target berikutnya curug Putri yang berada di dataran paling tinggi di Kab. Kuningan yaitu desa Palutungan. Di sini juga adalah lokasi jalur pendakian menuju gunung Ciremai. Ah, jadi kangen naik gunung Ciremai. Sempat terdampar di Palutungan, selepas menuruni Ciremai. Bersama 2 orang teman sekampus dulu. Keduanya sudah enggan naik gunung lagi kalau saya ajak. Katanya, mesti minta izin istri dulu supaya bisa naik gunung, hehehe..

1 thought on “Liburan: Curug Sidomba”

Leave a Reply

