ACS 5x Installation

Pada pertengahan 2012, saya diberi amanah untuk mengerjakan project migrasi Cisco ACS 4.2 ke Cisco ACS 5.3, bersama satu engineer lainnya. Saya sebagai Team Lead, dan satu orang teman saya sebagai member project ini. Desainnya kira-kira:

1. ACS dibuat redundancy (cluster)

2. Database users Tacacs berada di LDAP server as external identity store.

Bawaan pabrik, Cisco ACS 1121 sudah terinstall embedded ACS 5.3. Namun karena ada kebutuhan LDAP, dimana versi 5.3 ini belum support LDAP maka menunggu release ACS 5.4 (kalau tidak salah release 2013 awal). Maka dilakukanlah upgrade dari versi ACS 5.3 ke 5.4. Singkat cerita, ACS 5.4 sudah ready.

Sebagai bahan pengingat, saya coba install ACS 5.4 from the scratch. Jika di project tersebut, saya menggunakan ACS 5.3 lalu upgrade ke 5.4 maka di sini, saya gunakan langsung ACS 5.4. Saya menggunakan virtual appliance, running di atas VMWare. Vmwarenya running di atas Cisco UCS C220 M3.

54

Ok, singkat cerita vSphere 5.5 sudah terinstal dan ACS 5.4 sudah saya donlot dari cisco.com. Lalu buka vSphere dan install ACS dari source iso hasil donlotan tadi. Berikut stepnya:

1. Install iso tersebut dengan membuat new virtual machine di vSphere. Lalu power on vm yang baru kita create dan boot up.

install acs

2. Pilih opsi no 1 untuk instalasi new ACS. Biarkan instalasi ACS melakukan prosesnya.

2

 

 

 

 

 

 

 

3. Ketik “setup” seperti tertera berikut ini. Lalu isikan hostname, IP Address, gateway, nama domain,  password, dst.

3

 

 

 

 

 

4. Tunggu beberapa menit hingga semua interface dan konfigurasi UP. Cek dan pastikan semua service ACS berjalan dengan baik.

show app status

 

 

 

 

 

 

5. Jika services ACS sudah running semua, lakukan login ke https://ip-address dan akan dimintai penggantian password bawaan dari pabrik. Password defaultnya adalah “default”.

login-change pass

 

 

 

 

 

 

6. Setelah penggantian password, maka akan dilanjutkan dengan install lisensi ACS yang kita terima dari tim licensing cisco.

lic

 

 

 

 

 

 

7. Setelah selesai, maka akan segera memasuki dashboard ACS 5.4. Dan instalasi ACS 5.4 pun selesai.

Leave a Reply

