Kartu Kredit dan Persoan Loan

Melihat teman satu kantor sudah memiliki rumah atau memiliki usaha sendiri, membuat ada rasa iri dan ingin juga memiliki rumah sendiri. Kok, pada bisa ya beli rumah 🙂

Selidik punya selidik, ternyata mereka meminjam uang ke bank dengan bunga yang cukup ringan, 1%. Bank konvensional ataupun bank syariah menawarkan bunga yang bervariasi. Ada yang 1%, 1.03%, 1,5% dan sebagainya. Persyaratannya cukup mudah: KTP, slip gaji dan surat keterangan kerja.

Apalagi jika sedang banyak utang, bank itu menawarkan ‘bantuan’ yang menggiurkan. Bantuan atau jebakan batman? hehehe… begitu kira-kira. Banking memang telah meresap ke berbagai lapisan masyarakat. Hampir sebagian masyarakat kita memiliki account di bank, bahkan memiliki pinjaman alias utang di bank. Inikah dunia yang diharapkan?

Penulis pun tidak lepas dari jebakan batman, minimal kartu kredit. Meskipun memang seringnya dipake untuk belanja yang cicilannya 0% atau ketika tidak memiliki uang cash saat check in hotel, maka kartu kredi sebagai jalan keluar sementara. Entahlah, namun yang pasti bunga sekecil apapun tetap diharamkan agama. Ya, sebisa mungkin kita meminimalisasi urusan dengan bank. Jika sudah berurusan dengan bank, maka ia ibarat ‘candu’.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s