Cisco ACS 1121 Ngadat

Beberapa kasus ACS akhir-akhir ini, khususnya di awal 2015 mulai rame dan saya lempar ke tim Advanced Servicesnya Cisco.
ACS sering hang..!!

Hang yang dimaksud misalnya aplikasi ACS tidak bisa diakses via gui, atau authentication selalu bermasalah, atau authorizationnya tidak dipermit meski secara policy sudah betul. Atau malah gui-nya lemot saat diakses.

Karena dulu di 2013-2014, saya dan team sering mengalami kasus serupa dan workaroundnya adalah dengan merestart service acs.
#application acs restart

Dan masalahnya yang terjadi adalah kapasitas memory yang 90%, atau /opt nya lebih dari 30%, atau kadang memang database yang disimpan oleh ACS sudah membengkak. Dalam kasus saya, databasenya lebih dari 100GB, dimana harus diset autopruning. Meski diset autopruning, hang ini sering muncul berkala. Kadang Cisco TAC sering merekomendasikan agar ada pengaturan full backup dan incremental backup, and it was done!
Cisco TAC yang lain, ada juga yang meminta untuk mengefektifkan policy, maksimal 300 policy. Padahal, policy yang saya buat sudah mencapai 600an. So, apa betul kapasitas policynya ACS hanya 300? Kok tidak disebutkan di datasheet?
Akhirnya TAC kebingungan, dan mencoba mengambil log melalui aktivasi debug log level. Katanya, DE meminta log hasil debug agar didapat root cause.

Ya, pada akhirnya saya tetap berkesimpulan bahwa workaround ACS hang adalah dengan merestart service acs. Itu saja!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s