Upgrade Cisco Prime Carrier Management (PCM)

Sebelum melakukan upgrade di customer, melakukan testing di lab environment. Meskipun environment yang ada di lab tidak 100% sama dengan di realnya, namun bisa mewakili. Misalnya, di lab sayah mensimulasikan PCM ini di virtual machine (vSphere). Alhamdulillah cukup lancar.

Dalam terminologi Cisco, PCM terdiri dari beberapa komponen:

  1. Prime Central
  2. Prime Fault Management
  3. Prime Network
  4. Prime Performance Management
  5. Prime Provisioning
  6. Prime Optical

Saya mulai dengan upgrade Prime Central (PC). Existing memiliki PC versi 1.1.0.2 dan akan diupgrade ke versi terbaru saat itu (1.4.1). PC terdiri dari komponen portal web dan integration layer bagi Prime lainnya. Portal web berfungsi sebagai antar muka, SSO, Cross-launch dan management komponen PCM lainnya. Portal web maupun integration layer bisa dipisah dalam server yang berbeda atau bisa juga single server, bergantung kebutuhan.

PC saat ini sudah bisa running di RHEL 6.5, namun saya tetap menggunakan RHEL 5.8. Sengaja saya tidak melakukan upgrade RHEL supaya tidak direpotkan dengan OS. Ternyata PC 1.4.1 tidak serta merta bisa langsung upgrade otomatis. Lagi-lagi ini PR bagi Cisco developer PC. Saat kita install PC 1.4.1 dan PC installer mendeteksi keberadaan PC versi di bawahnya maka tidak serta merta installer ini meng-upgradenya. Installer akan memberikan info error bahwa instalasi tidak bisa dilakukan karena di server tersebut telah tersedia PC versi lainnya. Tentu, jika si installer memeliki ‘kecerdasan’, seharusnya dia langsung mengeksekusi tindakan berikutnya, apakah mengupgrade atau meng-uninstall terlebih dulu lalu upgrade. Yang installer lakukan hanya menyuruh meng-uninstall PC versi sebelumnya.

So, tahap pertama adalah unsinstall PC sebelumnya.

#cd /var/adm/cisco/prime-central/uninstall

#./Uninstall_Prime_Central

Tahap kedua, melakukan modifikasi install PC 1.4.1. Misalnya installernya berada di /root/Desktop/PC141

#chmod 777 *

Step ketiga, installasi (GUI). Sengaja sayah menggunakan GUI agar enak saat ambil screenshotnya. Ikuti GUI-nya hingga selesai. Jika ada error, check log-nya dan perbaiki.

#./install.bin

Step keempat, lakukan integrasi ulang PCM komponen lainya. Ingat, PC 1.41 tidak kompatibel dengan seluruh versi prime lainnya. Silakan cek kompatibilitinya di release notes.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s