Mengurung Diri

Apa yang Anda lakukan ketika stress menghampiri? Sebagian pria menjawab, merokok. Sebagian lagi menjawab, hiking, naik gunung, balapan, basket, lari 10km, nonton bola, atau menonton film. Sebagian wanita menjawab, makan bakso, mencicipi kuliner, membaca buku, nonton, atau listening music.

Apa jawaban saya? “tiduran, mengurung diri di kamar”. Hehehe….atau nyari project, nyari uang.

Ada 5 project yang saat ini dihandle, hampir tiap malam begadang dan on site di custumer: konfigurasi, dan migrasi. Gak susah sebenarnya, namun karena jadwalnya bersamaan, mau tidak mau harus mengorbankan waktu. Tiap Senin malam hingga kamis malam Jumat stay di customer dari jam 11 malam hingga jam 5 pagi untuk melakukan rekonfigurasi, dan migrasi. Selanjutnya selepas subuh tiduran. Bangun jam 10 atau 11 siang lalu makan, mandi dan sholat juga berleha-leha. Selepas dzuhur, cek email, create dokumen untuk malam berikutnya dan submit ke customer.

Dimana stressnya? di sini.

Begitu terus menerus dari awal Desember hingga 23 Desember ini. Udah gak masuk kantor atau sekadar gesekĀ  absen finger print atau say hello ke teman-teman. Ke kantor hanya untuk ambil voucher taxi.

Apa yang terjadi jika bekerja terus menerus dan penuh deadline? hmm… nah di sini mulainya. Pressure dari customer agar segera menyelesaikan project hingga akhir Desember ini. Desember tersisa 5 hari lagi. Empat hari kerja, Senin – Kamis (28-31 Desember). Ya, waktu begitu cepat berputar. Satu project lagi di sisa minggu terakhir harus diselesaikan. Tapi inilah seninya dunia project.

Nah, kemana waktu weekend ini? Ya ngerjain project. Project di customer lain. Project tentara bayaran. Alhamdulillah, ada saja yang memberi kepercayaan untuk handle project di weekend. So, kapan ‘me time’-nya? kapan waktu buat cari istri? Kapan waktu buat berkenalan dan menjalin hubungan?? Padahal, kawanku yang biasa jadi partner di project sudah melepaskan maasa lajangnya di 20 Desember 205, di Balikpapan di kampung halamanya.

Ya…ya.. me ? I don’t know.

Balik ke topik mengurung diri.

Sebenarnya mengurung diri di kamar hanya beberapa jam saja yaitu selepas subuh hingga zuhur. Selepas itu buka komputer, baca dokumen guide, architecture guidance, design guide atau nonton cbt-nuggets. Ya, stress memang. Sehari-hari hanya itu-itu aja. Padahal biasanya kalo stress itu pergi hiking atau sekadar camping bersama teman-teman. Ya, mungkin tahun ini luput dari perjalanan ke gunung sekadar melepas penat.

Advertisements

BGP Label Unicast Cisco & Juniper

Beberapa hari kemarin, ada inter0perability antara Cisco dan Juniper dalam implementasi unified mpls (BGP carrying label) atau orang Juniper sering nyebut BGP Label Unicast (LU).

Saat itu, Cisco 7600 jadi client bagi RR domestiknya Juniper. Permasalahan yang terjadi adalah session bgp establish namun si Juniper tidak menerima community yang dilempar cisco. Sedangkan client-client yang Juniper nampak baik-baik saja.

Cisco –Juniper RR

Di cisco 7600 saya create ACL, route-map dan enable bgp send-label.

access-list 10 permit 1.1.1.1

route-map LOOPBACK

match ip address 10

set community 1001:1337

router bgp 1

neighbor 2.2.2.2 remote-as 1

neighbor 2.2.2.2 update-s loo0

address-family ipv4

neighbor 2.2.2.2 send-community both

neighbor 2.2.2.2 send-label

neighbor 2.2.2.2 route-map LOOPBACK out

#show ip bgp summ

#show ip bgp nei 2.2.2.2 advertise-route

….prefix 1

#show bgp 2.2.2.2

Nah, si Junos tetep gak terima. Ane bingung, kenapa ya? ada yang salah dengan konfignya?

 

 

BGP Label Unicast – Unified MPLS

Lagi baca-baca BGP Label Unicast atau unified MPLS (RFC3107). Minggu depan sudah harus implement di customer. harus mulai baca-baca lagi BGP. Beberapa panduan dan guide dari cisco seperti berikut [1], [2], [3] nampaknya tahapan awal memahami Label Unicast (LU).

[1] http://www.cisco.com/c/en/us/support/docs/multiprotocol-label-switching-mpls/mpls/116127-configure-technology-00.html

[2] http://www.cisco.com/c/en/us/support/docs/multiprotocol-label-switching-mpls/mpls/118846-config-mpls-00.html

[3] http://www.cisco.com/c/en/us/support/docs/multiprotocol-label-switching-mpls/multiprotocol-label-switching-mpls/119191-config-unified-mpls-00.html