SIP Trunk CUCM & Voice Gateway

Pertengahan Januari ini ada project implementasi Cisco Unified Communication Manager (Cisco UC) menggunakan produk Cisco yaitu CUCM dan Cisco Unity Connection v10.5.  Ada analog yang diwakili Produk Panasonic dan digital menggunakan cisco ip phone.

Ada voice gateway (VG) baru yang diinstalasi dimana existingnya digantikan dengan produk yang lebih baru, New Rock Tech MX60. Saat integrasi antara CUCM dan VG, ada beberapa masalah yang muncul:

  1. ketika incoming call (telpon dari luar/PSTN/Mobile), suara hanya terdengan satu arah yaitu si penerima mendengar dengan jelas suara yang dikirim dari seberang sana, namun sebaliknya si penelepon tidak bisa mendengar suara si orang yang ditelepon.
  2. Saat transfer call dari ektensi Cisco IP Phone 7800 ke ekstensi Panasonic (Analog) pun hanya satu arah pembicaraan yaitu analog bisa mendengar suara dari ektensi cisco ip phone namun sebaliknya. Sesama ektensi cisco maupun sesama ektensi analog itu lancar jaya.

Troubleshoot dari sore ba’da magrib hingga jam 11 malam namun tidak ketemu solusinya, akhirnya ditunda hingga besok hari. Besoknya troubleshoot kembali dilakukan dan saya minta fokus untuk dilakukan troubleshoot antara VG dan CUCM. Akhirnya senior VG turun dan diskusi beberapa hal dan disepakati kalo  parameter SIP trunknya diubah dan hanya memasukan G.711 u-law sebagai media codec. Selain G.711, di Cisco harus dienable  MTP-nya [1].

cucm sip trunk

Codecs with MTP for SIP Early Offer/ H323 Fast Start

All codecs supported when Early Offer support for voice and video calls – Mandatory (insert MTP if needed) or Early Offer support for voice and video calls – Best Effort (no MTP inserted) is selected

G.711, G.729 when MTP Required is selected

G.711, G.723, G.729 only

Ada panduan Best Practice Cisco saat akan mengimplementasikan SIP trunk [1] dan panduan SIP trunk.

[1] http://www.cisco.com/c/en/us/td/docs/voice_ip_comm/cucm/srnd/collab10/collab10/trunks.html

[2] http://www.cisco.com/c/en/us/products/collateral/unified-communications/unified-border-element/white_paper_c11-620461.html

 

Yakin gak sama Allah swt?

Suatu waktu di sore Ba’da magrib, pengajian rutin mingguan di masjid dekat kosan. Sang ustad menjelaskan banyak hal, mulai dari fenomena Gafatar, hingga fenomena pengajian di perkantoran. Nampaknya topiknya ngalor ngidul.

Ada suatu pernyataan beliau yang menusuk kesadaran saya ketika membahas syahadat. Ketika pernyataan persyaksian bahwa tidak ada illah lain kecuali Allah swt.

Saat kita ke Masjid, apakah karena orang tua, mertua atau karena Allah? jangan-jangan pengen dipuji sama orang lain? ketika saya berceramah, apakah saya ini pengen dipuji oleh para jamaah atau pengen ibadah/berdakwah karena Allah?

Saat kita terima gaji atau mendapat uang entah karena berdagang, bekerja dst, apakah kita meyakini bahwa hal ini semata-mata hasil usaha kita atau karena rizki dari Allah? yakin gak sama Allah, kalo Allah ini maha pemberi rizki?

Lalu beliau juga menyarankan agar lidah dan hati kita terus menerus berdzikir kepada Allah, entah itu membaca tasbih, tahlil, istighfar atau lainnya.

Apa itu Jodoh, Apa itu Rizki?

Ketika sedang ngopi, atau duduk bareng dengan teman apalagi teman sekampung kadang suka ngobrol ngalor ngidul. Mulai ekonomi, peluang usaha, politik, agama, bahkan tentang cinta, jodoh dan rizki.
Tak lupa juga ghibah diri sendiri, kok belum kawin-kawin. Kadang juga melihat teman-teman yang sudah punya istri, punya anak 1-2 orang, jadi iri.
Namun, ada juga teman yang sudah nikah 10 tahun lalu, belum juga dikarunia Putra. Bahkan ada yang sudah 15 tahun namun belum juga punya momongan. Berbagai usaha bail media Dan non media telah dilakukan, namun hasilnya nihil.
Ada juga yang masih single Dan menjomblo seperti sayah, Dan seperti orang lainnya. Kok blom pada menikah ya?
Apakah jodoh yang belum kunjung tiba, atau kita sedang diuji, atau sebaliknya sedang diberi peringatan oleh Yang Maha Pencipta, Allah swt.?
Atau memang Allah punya skenario lain?
Ada juga yang sudah nikah, namun beberapa tahun kemudian diuji dengan sakit, atau susahnya mencari penghidupan.
Yang pasti Allah sudah menuliskan jodoh, dan Rizki sejak Zaman azali.

Problem BGP Label-Unicast antara Cisco & Juniper

Di minggu terakhir ini mencoba ngelab BGP LU, dengan membuat RR, dan beberapa router client. Ketika tanpa menggunakan policy ternyata labelnya terlihat muncul.

RR2#sh ip bgp label

Network          Next Hop         In Label/Out Label

x.x.x.x/32    0.0.0.0          imp-null/nolabel

y.y.y.y/32

y.y.y.y   nolabel/nolabel

z.z.z.z/32

z.z.z.z   16/nolabel

 

RR2#

dari command di atas muncul label in 16 dan outnya label dilepas (nolabel). di Lab, saya menggunakan router-router cisco (7609, 3845, ME3600) dan RR menggunakan Cisco 7200 series.

di customer, RR menggunakan Juniper. Di lab, RR menggunakan cisco product.

Permasalahannya kenapa Juniper tidak terima label? apakah ada label yang terputus saat terjadi transaksi label antara cisco dan Juniper.