Gagal 2017#1

Maret 2017, meluncur dari Surabaya meninggalkan ruang meeting lebih awal selepas beres giliran presentasi menuju Jakarta. Tiba di Jakarta tengah malam dengan pesawat paling akhir. Lelah tak bisa ditahan, tidur nyenyak hingga subuh.

Selepas subuh, baca-baca buku persiapan TOEFL. Dan meluncur ke Kaplan Educ. Ah, tak tau dimana juga itu lokasinya, berbekal google. Jadwal test hanya hari Jumat itu saja sebab di semua tempat ujian sudah full book.

Masuk ruang tunggu, menyapa salah satu peserta ujian yang nampaknya sedang baca-baca materi toefl. Menyapa dan bertanya, ternyata beliau sama-sama sedang persiapan buat ambil pasca dan juga beasiswa. Alumni FKUI, seorang dokter, wanita dan tentu saja cantik.  Beliau akan ambil S2 di UI. Ah sayangnya tidak berkenalan lebih lanjut sebab pikiran masih bergelayut dengan kerjaan di Surabaya, butuh submit dokumen dll.

Jam masuk segera diumumkan, waktu pun begitu cepat. Soal-soal listening part A dan B cukup enak dijawab. Part C mulai buyar konsentrasi. Lanjut part Structure. Lumayan tidak begitu sulit. Nah, part terakhir, Reading, menjadi kacau balau. Wacana dalam cerita begitu panjang, dimana butuh konsentrasi dan kemampuan vocabularay. Alhasil, tidak semua bisa dijawab. 10 soal lebih dijawab asal-asalan karena tak sempat membaca wacana. Waktu pun habis. Dan penyesalan pun melanda, kurang persiapan (alibi red.). Firasat buruk menghampiri.

Jreng-jreng, seminggu kemudian hasilnya diterima. Firasat buruk pun ternyata benar. Score-nya hanya 490. Score yang di bawah rata-rata. Beberapa tahun lalu score-nya sering di atas 500 dan tahun ini meluncur ke papan bawah.

Kegagalan #1 di tahun 2017, score TOEFL melemah. Kemampuan bahasa inggris menurun. Hikmah: harus banyak listening, and always understanding :-).

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s